Peduli terhadap Isu Krisis Energi, FH UMM Gelar Kuliah Tamu Konservasi Energi

Minggu, 04 Maret 2018 09:43 WIB  

Malang (4/3)– Krisis energi merupakan isu yang terus bergulir dari masa ke masa. Untuk membekali mahasiswa FH UMM agar peka terhadap isu krisis energi ini, FH UMM menggelar kuliah tamu bertajuk “Kebijakan Konservasi Energi” kemarin (3/3), bertempat di Theater Dome UMM. Hadir sebagai pembicara, Ir. Sugeng Mujianto, M.Sc, M.Env.Eng.Sc, Direktur Konservasi Energi, Kementerian ESDM RI.

Dalam pemaparannya, Sugeng menjelaskan agar para mahasiswa hemat dalam menggunakan energi, karena ketersediaan energi yang bergantung pada alam sangat terbatas.

“Kita harus peka dan mawas diri. Saat menge-charge HP, jika sudah penuh ya dicabut, jangan dibiarkan charger HP masih tertancap di colokan, karena hal itu juga akan menghabiskan energi.” Pesan Sugeng kepada mahasiswa peserta kuliah tamu.

Sekira menjelang dhuhur, agenda kuliah tamu berakhir. Sugeng beserta rombongan menyempatkan diri untuk mengujungi Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) milik UMM yang merupakan hibah dan bantuan dari Kementerian ESDM. Jika perawatan PLTMH UMM berjalan baik, Sugeng berjanji akan memberikan hibah dan bantuan lagi di kemudian hari.

“Iya, akan kita lihat. Kalo UMM pandai mengelola energi yang dihasilkan oleh PLTMH, kita akan bantu lagi. Cita-cita kita kan melahirkan energi baru dan terbarukan yang tersebar di banyak titik, salah satunya ya di UMM ini.” Ungkap Sugeng (saf/hum)

Shared: