MLC


Kursus Hak Asasi Manusia dan Syariah tingkat Magister ini merupakan program tahunan yang semula diselenggarakan (2012) oleh PUSAM UMM bekerjasama dengan beberapa mitra internasional, yaitu BYU Law School ICLRS, Pusat Hak Asasi Manusia Norwegia, dan Asia Foundation. Kemudian pada tahun 2019, Fakultas Hukum UMM diberi kepercayaan untuk melanjutkan estafet dalam pelaksanaannya. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang persimpangan dan keterkaitan antara hak asasi manusia dan syariah serta bagaimana kita dapat membangun jembatan untuk mengoptimalkan keduanya untuk melindungi martabat manusia. Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari berbagai daerah di 

Indonesia, dimana para peserta berlatar belakang sebagai pemuka agama, praktisi, dosen muda, politisi, atau LSM. Pemateri dalam pelatihan ini adalah berbagai guru besar hukum, ahli hak asasi manusia, ahli hukum syariah dari berbagai negara, diantaranya Profesor Brett Scharff, Profesor Lena Larsen, Profesor Tore, Profesor Heiner Benefield, Profesor Adbullah Said. Profesor Brett, misalnya, mengajar kelas tentang dasar-dasar hak asasi manusia, hak atas kebebasan berpikir, hati nurani dan berkeyakinan, dan regulasi agama di bawah aturan hukum. Mata kuliah ini dirancang bersama oleh Profesor Syamsul Arifin, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Ibu Cekli Setya Pratiwi, SH, LLM, MCL, Dosen di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang, dan Dr. Ahmad Nur Fuad, dari Sunan Universitas Ampel di Surabaya, Indonesia.

Saat ini para pengajar dalam program ini sedang dalam proses penulisan buku teks tentang Syariah dan Hak Asasi Manusia yang akan terbit tahun 2021 dengan masing-masing bab dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Penyelenggara program mengantisipasi mengadakan konferensi besar di Jakarta pada tahun 2018 untuk meluncurkan buku kursus dan untuk melatih para profesor dalam mengajar mata kuliah Syariah dan Hak Asasi Manusia.
 
Edited by: CYA, 2020
Shared: