Kenali Resiliensi, Pembekalan Calon Alumni Hadirkan Dosen yang juga Alumni

Senin, 12 Agustus 2024 19:20 WIB

Malang (12/8) - Jufryanto Puluhulawa, SH., MH., merupakan alumni FH UMM angkatan 2010. Kini, setelah kurang lebih 10 tahun meninggalkan bangku perkuliahan FH UMM, Ryan, begitu ia biasa disapa, kembali untuk berbagi. Ryan hadir dalam acara pembekalan calon alumni FH UMM, hari ini. Bertempat di Aula Barat Lt. 9 GKB IV UMM, Ryan yang juga merupakan mahasiswa Program Doktor FHUB, mengenalkan istilah resiliensi.

"Dalam dunia psikologi, resiliensi ini dikenal sebagai kemampuan untuk beradaptasi dan bertahan ditengah ujian, dalam kondisi sulit. Masa-masa setelah lulus merupakan kondisi sulit. Melamar kerja kesana kemari, bingung karir dan masa depan. Hal itu wajar. Saya juga sudah pernah mengalaminya." Ungkap Ryan

Ryan menambahkan, bekal penting sebagai alumni FH UMM, adalah sertifikat kompetensi dan kemahiran hukum. Portofolio tersebut jarang dimiliki oleh alumni dari Fakultas Hukum yang lain.

"Saya dulu melampirkan sertifikat PLKH (kemahiran hukum). Ternyata menjadi nilai plus." Pungkas Ryan

Ryan yang merupakan ASN Dosen di Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo, mengungkapkan bahwa pilihan karir semakin beragam saat ini. Bahkan kerja di rumah juga seringkali mendatangkan cuan yang lebih banyak dibandingkan dengan kerja kantoran. Diantara banyak pilihan karir tersebut, modal resiliensi menjadi modal penting bagi generasi kini. Ryan berharap, karena para calon alumni yang berjumlah sekitar 150 orang yang hadir dalam pembekalan tersebut sudah melalui fase studi dengan sangat banyak tugas dan deadline, maka skill dan modal resiliensi sudah mereka kantongi. (saf/hum)

Shared: