FH UMM Gelar Workshop Tingkatkan Publikasi & Kolaborasi Penulisan Artikel Ilmiah Dosen-Mahasiswa

Sabtu, 11 Desember 2021 13:07 WIB

Malang (11/12) - Kolaborasi dosen dan mahasiswa menjadi sebuah kebutuhan, terutama di era MBKM seperti ini. Salah satu bentuk kolaborasi tersebut, terwujud melalui penulisan artikel ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Nasional Terakreditasi maupun Jurnal Internasional Bereputasi.

Setali tiga uang, kolaborasi tersebut juga bisa mendorong meningkatnya angkaKelulusan Tepat Waktu (KTW) dan UMM Pasti. Latar belakang tersebut menjadi alasan kuat bagi Prodi Ilmu Hukum FH UMM untuk menyelenggarakan Workshop bertajuk Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Naskah Skripsi (11/12), hari ini.

Agenda yang berlangsung secara bauran (luring dan daring) tersebut terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi untuk dosen dan mahasiswa. Hadir sebagai pemateri workshop, Fitria Esfandiari, SH., MH (Managing Editor Jurnal Dedikasi Hukum) dan Muhammad Lutfi, SH., S.Sy., M.HI (Managing Editor ILREJ). Dalam kesempatan yang dibuka langsung oleh Dekan FH UMM, Dr. Tongat, SH., M.Hum, para dosen dan mahasiswa diminta untuk melakukan kolaborasi baik dalam penulisan artikel ilmiah.

"Mahasiswa menulis artikel, dibimbing oleh dosennya, mengutip sumber rujukan yang ditulis oleh dosennya, sehingga proses ini bisa memberikan dampak positif bagi ketercapaian KTW maupun UMM Pasti." Ungkap Dr. Tongat dalam sambutannya

Lebih lanjut, dalam pemaparan sesi pertama, Fitria Esfandiari, SH., MH, mengungkapkan bahwa selain untuk merealisasikan KTW dan UMM Pasti, kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah berbasis naskah skripsi juga bisa meningkatkan skor penilaian dari Webometric dan meningkatkan traffic kunjungan ke website berdomain UMM.

Agenda workshop yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut, dihadiri oleh beberapa orang dosen di Ruang Sidang Senat. maupun ruang virtual Zoom dengan peserta kurang lebih 200 orang mahasiswa. Workshop berakhir menjelang pukul 12.00 WIB. Diharapkan, melalui agenda workshop tersebut, akan banyak artikel hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa, serta meningkatnya jumlah sitasi artikel para dosen. (saf)

Shared: