Live Via Instagram, Mahasiswi FH UMM Beberkan Tips Jitu Lolos IISMA

Jum'at, 31 Desember 2021 17:33 WIB

Malang (31/12) - Widad Saniyya, mahasiswi FH UMM, yang di awal tahun 2021 lalu masih berada di Protugal untuk mengikuti program Erasmus+, kini berada di Hungaria, melalui program IISMA yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Dalam live Instagram yang diinisiasi oleh @umm.baa, Widad nampak sangat bahagia bisa menempuh studi di luar negeri dengan berbagai program yang ditawarkan oleh UMM.

"Seneng banget pastinya. Apalgi aku tuh dulu terkenal bandel pas SMA. Walau selalu dapet ranking di kelas, tapi ya tetep aja bandel. Awalnya sih gak pede ikut seleksi-seleksi exchange begituan, tapi ternyata Alhamdulillah lolos sih. Terutama yang IISMA ini, gak nyangka banget karena saingannya kan seluruh Indonesia ya." Ungkap Widad 

Widad menambahkan, salah satu tips jitu agar bisa lolos tentunya harus bisa bahasa Inggris. Selain itu juga harus tau requirements skor bahasanya karena tidak setiap kampus punya standar skor yang sama, termasuk jenis tes nya.

"Kalo yang di IISMA di Uni Pecs, Hungary ini ya, butuh skor Duolingo English Test atau DET dengan skor 120, padahal kalo dari syarat IISMAnya sendiri cuma butuh skor DET 100. Jadi ya kudu-kudu pinter milih dan teliti membaca persyaratannya. Kalo syarat lain menyesuaikan aja sih, misal pastinya yang berani daftar sudha punya CV yang keren dengan beragam achievement, IPK juga standar aja sih minim 3,5." Pungkas Widad.

Widad berharap, nantinya akan semakin banyak mahasiswa UMM, terutama yang berasal dari Fakultas Hukum, bisa mengikuti jejaknya, study abroad, tentunya dengan persiapan yang terbaik agar hasilnya juga maksimal. (saf)

Shared: