Perbaiki Akun Google Scholar Dosen, Fakultas Hukum Ingin Tingkatkan Poin Sinta & Webometrics UMM

Selasa, 14 Desember 2021 09:25 WIB

Malang (14/12) - Google Scholar atau Google Cendekia menjadi salah satu aspek penting dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics. Jumlah publikasi dan sitasi dosen, menjadi poin yang ikut dihitung oleh Webometrics. Oleh karenanya, FH UMM mencoba melakukan upaya identifikasi dan perbaikan terhadap akun GS (begitu biasanya Google Scholar disebut) milik dosen.

"Selama ini kita abai, dan bahkan memang tidak mengerti sama sekali, apa itu Google Scholar. Padahal database dari GS ini dijadikan sebagai sumber rujukan data di Sinta, juga dalam pemeringkatan oleh Webometrics." Ungkap Dr. Tongat, M.Hum, Dekan FH UMM dalam sambutannya, Senin (13/12) kemarin.

Tim yang dibentuk oleh Bidang Akademik FH UMM, berhasil mengidentifikasi beberapa hal, seperti adanya dosen yang memiliki akun GS ganda, beberapa dosen belum memiliki akun GS hingga klaim publikasi yang tidak tepat. Rencananya, setelah pemaparan dari tim terkait temuan tersebut, tim yang diketuai oleh Nur Putri Hidayah, MH, Sekprodi Ilmu Hukum FH UMM, akan mengadakan workshop pada hari Jum'at (17/12) mendatang. Agenda workshop akan berisi materi tutorial dan pemahaman tentang serba serbi Google Scholar (saf).

Shared: