Studi Banding Ke DPKKA Unair, FH UMM Berikhtiar Mendirikan Career Center di Tingkat Fakultas

Kamis, 23 Desember 2021 10:09 WIB

Malang (23/12) - Karir alumni atau lulusan prodi Ilmu Hukum FH UMM menjadi fokus Dekanat FH UM. di Tahun 2022 mendatang. Sebagai salah satu ikhtiar untuk segera membentuk unit tersebut, FH UMM menunjuk tim task force yang diketuai oleh Sholahuddin Al-Fatih, SH., MH, dengan anggota Yohana Puspitasari Wardoyo, SH., MH. dan M. Lutfi, SH., S.Sy., MH.

Kemarin (22/12), tim task force tersebut berangkat untuk melakukan studi banding ke Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA Unair). Bersama Wakil Dekan 3 FH UMM, Said Noor Prasetyo, SH., MH, tim task force FH UMM disambut dengan hangat oleh Direktur DPKKA Unair, Prof. Dr. Elly Munadziroh, drg., MS.

"Kami memiliki 3 unit/bagian utama, yaitu karir-magang, kewirausahaan dan alumni. Ketiganya di bawah naungan DPKKA berkolaborasi dan bersinergi untuk menyiapkan lulusan Unair menjadi insan yang unggul dan berdaya saing." Ungkap Prof. Elly, Ketua DPKKA Unair dalam sambutannya.

Dalam kesempatan studi banding tersebut, DPKKA Unair membeberkan pentingnya peran DPKKA dalam mendampingi karir lulusan, termasuk adanya fasilitas konseling karir dengan melibatkan para psikolog dan HRD.

Lebih dari itu, adanya kewajiban untuk tracer study TS-1 dalam borang akreditasi, membuat peran DPKKA semakin sentral, karena bertugas untuk menjalin silaturahmi dengan alumni, engagement serta merekam data aktifitas alumni pasca kampus. Tak hanya itu saja, kehadiran pusat inkubasi kewirausahaan yang dihadirkan oleh DPKKA, juga turut mendorong kemandirian dan ekosistem berwirausaha bagi generasi muda.

"Hari ini kita mendapatkan banyak ilmu dari DPKKA Unair. Semoga kami bisa meniru jejak baik DPKKA Unair, tentu dengan beragam penyesuaian dan modifikasi agar bisa di replikasi di tingkat fakultas dan prodi." Pungkas Fatih, Ketua Tim Task Force Tracer dan Career Center FH UMM. (saf/hum)

Shared: