Asah Skill Peradilan Semu, Lab Hukum FH UMM Gelar Kompetisi Internal

Senin, 15 Juli 2024 21:11 WIB

Malang (15/7) - Kolaborasi Komunitas Peradilan Semu (KPS)  dan Laboratorium Hukum FH UMM melahirkan sebuah kompetisi internal peradilan semu beberapa hari lalu (6/7). Bertempat di ruang sidang semu FH UMM, ajang bertajuk Piala Dekan Internal Moot Court Competition (IMCC) tersebut telah berhasil menjaring beberapa kelompok dan individu bertalenta di bidang peradilan semu.

Mengambil tema “Pengembangan Potensi Praktik Hukum Acara Dengan Jiwa Profesionalitas Guna Terwujudnya Tunas Yuris Yang Berintegritas” Pelaksanaan IMCC Piala Dekan FH UMM, menyasar mahasiswa angkatan 2022 yang sedang menempuh praktikum Hukum Acara Perdata I. Kegiatan ini akan diselenggarakan sebagai wujud kontribusi yang berkesinambungan dari Lembaga Semi Otonom Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang yang bekerja sama dengan Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang.

"Kegiatan IMCC sangat mendukung kegiatan praktis mahasiswa serta mengoptimalkan kemampuan dalam praktek beracara. Sehingga, harapan kami, melalui IMCC ini akan muncul bibit-bibit potensial di bidang peradilan semua yang nantinya akan mewakili UMM di kompetisi-kompetisi eksternal." Ujar Isdian Angrraeny, SH., M.Kn, Kepala Lab Hukum FH UMM

Closing ceremony ini juga Dosen FH UMM, Instruktur Laboratorium Hukum FH UMM. Acara puncak ini diakhiri dengan memberikan pengumuman dan awarding  kepada delegasi IMCC FH UMM II dengan pelaksanaakn terbaik di tiga penilaian, yakni Pemberkasan, Role Play dan Moot Court. Para Juara pun merupakan yang terbaik dari terbaik dari 11 Delegasi dengan rincian sebagai berikut:

  1. Juara 1 diraih oleh Delegasi Syafruddin Prawiranegara
  2. Juara 2 diraih oleh Delegasi Jendral R. Soedirman
  3. Juara 3 diraih oleh Delegasi Satjipto Rahardjo
  4. Nominasi Berkas Terbaik diraih oleh Delegasi Syafruddin Prawiranegara
  5. Nominasi Hakim Terbaik diraih oleh Tegar Putra Nagroe
  6. Nominasi Panitera Pengganti Terbaik oleh Rania Rahmi Andhita
  7. Nominasi Kuasa Hukum Penggugat Terbaik diraih oleh Nur’Aini Regita Irdiansyah
  8. Nominasi Kuasa Hukum Tergugat Terbaik diraih oleh Saiful Risky
  9. Nominasi Saksi Terbaik diraih oleh Fikri Anam
  10. Nominasi Ahli Terbaik diraih oleh Jessica Rediana Cahyani Pramesti

IMCC Piala Dekan Fakultas Hukum ini diharapkan mampu memberikan semangat bagi mahasiswa dalam meningkatkan semangat kompetisi dan pandangan menjadi seorang praktisi hukum yang profesional, humanis, dan religious, dan mahasiswa juga diharapkan dapat menerapkan kemampuan intelektual dalam bidang hukum sekaligus pembelajaran dari sebuah proses persidangan yang baik dan benar. (NA/saf)

Shared: