Bahas Aspek Hukum Pasca Pandemi, FH UMM Gelar Konferensi

Senin, 25 Juli 2022 20:27 WIB

Malang (25/7) - Dinamika dan upaya reformasi hukum pasca pandemi Covid-19 terus berlangsung di seluruh dunia. Melalui jalur legislasi dan penguatan hukum, negara-negara dunia kompak melawan Covid-19 dan berupaya memulihkan aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Geliat itu pula yang diusung oleh Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (FH UMM) melalui beragam aktifitas ilmiahnya, salah satunya dengan menggelar konferensi internasional.

Agenda 3rd International Conference on Law Reform (INCLAR) FH UMM pada tahun ketiganya kali ini mengusung tema "Understanding Law Reform on Post Covid-19 Pandemic" digelar secra daring dan luring. Agenda luring bertempat di UMM Rayz Hotel (22/7) dan GKB IV UMM (23/7). Terdapat sekitar 100 judul paper yang diterima oleh panitia 3rd INCLAR dengan sebaran author berasal dari Filipina, Jepang, Arab Saudi, Hungaria, Belanda, Aljazair dan Indonesia. 

Selain peserta yang beragam, panitia juga menghadirkan invited speaker dari beberapa negara, seperti Prof. Oliver Fuo dari North-West University, South Africa, Dr. Fernando Arlettaz dari Universidad de Zaragoza, Spain, Assoc. Prof. Dr. Nor Anita Abdullah dari Universiti Utara Malaysia, Cekli Setya Pratiwi, P.hD (cand) dari Mahidol University, Thailand dan Dr. Herwastoeti dari FH UMM sendiri. Hadir pula Y. Ambeg P, Staf Ahli dari Kementerian Hukum dan HAM RI yang didaulat sebagai keynote speaker. 

"Antusias peserta sangat baik. Paper sangat beragam dengan ide yang solutif. Pengalaman tahun ketiga menyelenggarakan INCLAR sungguh sangat menyenangkan karen aprogressnya meningkat pesat, baik segi kualitas maupun kuantitas." Ungkap Sholahuddin Al-Fatih, SH., MH., General Chair atau Ketua dari 3rd INCLAR

3rd INCLAR kali ini mendapatkan dukungan dari sponsor dan co-host, seperti Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Surabaya, Universitas Trisakti, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Sebagai luaran publikasi, 3rd INCLAR juga bekerjasama dengan publisher ternama seperti KnE (prosiding), Bestuur (jurnal terindeks Scopus), Cita Hukum (jurnal terindeks ESCI, Web of Science), Yuridika dan Legality (jurnal terakreditasi Sinta 2), serta Audito (jurnal terindeks DOAJ). 

Shared: