Gagas Ide Pemilu Hakim Konstitusi, Dosen FH UMM Raih Best Article di IAIN Palangkaraya

Kamis, 25 April 2024 21:03 WIB

Malang (25/4) - Civitas akademik FH UMM kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini, dosen FH UMM, yaitu Sholahuddin Al-Fatih, MH., berhasil meraih best article dalam ajang 1st Sharia Writing Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah IAIN Palangkaraya.

"Alhamdulillah, senang. Ini gelar juara pertama di tahun 2024. Capaian ini sekaligus bukti bahwa tidak hanya mahasiswa dan tendiknya yang berprestasi, tapi juga dosennya harus ikut berprestasi. Kan guru itu digugu lan ditiru, semoga menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika yang ada." Ujar Fatih

Fatih menulis tentang pemilihan Hakim MK secara langsung oleh rakyat karena melihat bahwa fenomen model sekarang kurang akuntabel dan transparan.

"Model 9 Hakim MK ini kan niru Korean Representatives ya. Masing-masing 3 dipilih oleh eksekutif, legislatif dan yudikatif. Tapi kita tidak bisa menutup mata dari peluang conflict of interest, kan kemarin ada mantan legislator yang jadi Hakim MK. Ada pula Hakim MK yang tersandung kasus, mulai etik hingga pidana. Nah kita mau coba gagas pemilu secara langsung. Memang minusnya adalah high cost, tapi bisa menjadi legitimasi rakyat bahwa memang Hakim MK yang terpilih itu didukung oleh rakyat." Pungkas Fatih

Pemilu langsung Hakim MK tersebut modelnya seperti pemilihan umum, dengan melibatkan rakyat sebagai pemilik suara sesuai dengan slogan demokrasi, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Selanjutnya, Fatih berharap agar ide tersebut bisa menjadi topik diskusi dan kembali diteliti oleh akademisi yang lain, sehingga bisa menjadi masukan untuk perbaikan kelembagaan MK kedepan. (saf/hum)

Shared: