Gemar Ikuti Lomba, Mahasiswa UMM Raih Juara 2 Lomba Debat di Makassar

Senin, 29 Agustus 2022 21:52 WIB

Malang (29/8) - UMM kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Kali ini, melalui mahasiswanya yang berhasil meraih juara Lomba Debat Nasional Publik Expo di Universitas Negeri Makassar. Kompetisi Debat Publik Expo merupakan kompetisi pengembangan kreativitas mahasiswa dengan penghargaan berupa medali yang salah satu rangkaian kegiatanya yaitu Debat Nasional yang diadakan setahun sekali. Lomba Debat Nasional ini menggunakan sistem debat british parlimiantery dengan tahapan penilaian awal berupa pengiriman vidio. Melalui vidio tersebut, Peserta debat dinyatakan sudah memenuhi syarat untuk lolos ke tahap berikutnya.

Tim Universitas Muhammadiyah Malang diwakili oleh para delegasi yang berasal dari Fakultas Hukum, yaitu Amanda Putri Rahmawati dan Yogi Syahputra Alidrus berhasil membawa Tim UMM kembali menorehkan prestasi gemilang di Kompetisi Debat Nasional Publik Expo 2022. Pada tanggal 26 Agustus 2022 anggota Tim UMM yakni Amanda Putri Rahmawati mengatakan dalam wawancaranya bahwa "Kami mempersiapkan diri sebelum berkompetisi dari jauh-jauh hari walaupun ada beberapa kendala yang semestinya hal tersebut tidak bakal terjadi seperti Jaringan yang kurang baik tapi terlepas dari itu semua kami mampu bertahan dan masuk ke babak final". Adapun Universitas yang sulit di lawan menurut Yogi Syahputra Alidrus selaku Ketua Tim Delegasi yakni "Untuk Lawan yang berat saya kira semuanya berat karena seluruh tim yang sudah masuk 8 besar dan 4 besar merupakan tim yang hebat" ujar Yogi.

Kompetisi Debat Nasional Publik Expo ini yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Adminstrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, dengan peserta terdiri dari PTN dan PTS dari seluruh Indonesia. Pada babak Semi Final yang di pertemukan antara Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Negeri Makassar yang mana membahas mosi "Dewan ini menilai pembangunan jalan tol tidak terdampak signifigan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat". Tim UMM selaku Tim Pro berhasil mengalahkan Tim Kontra yakni Universitas Negeri Makassar sebagai Tuan Rumah dalam Kompetisi tersebut. Dan di babak final mempertemukan antara Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Cita Insan Indonesia mosi di perdebatkan yaitu "Konflik Palestina dan Israel, Sistem Konfesuanalisme lebih baik dari pada Sistem Two State Dalam menyelasailan Konflik tersebut". Alhasil UMM mendapatkan juara 2 dan UICI mendapatkan juara 1. Ketua delegasi UMM, Yogi, menuturkan bahwa rasa syukur yang sangat mendalam karena bisa mengalahkan tim-tim hebat seperti Univeraitas Sriwijaya, Universitas Hasanudin dan sebagainya.

"Alhamdulillah. Terima kasih kepada para tendik dan dosen FH UMM seperti Pak Agung, Pak Said Noor SH,.MH, Bu Ratri SH,.MH serta Pak Sholahudin Al-Fatih SH.,MH. Kami bersyukur karena bisa membawa pulang medali serta piala di Universitas Negeri Makassar dalam ajang Kompetisi Debat Nasional Publik Expo 2022." Pungkas Yogi (yog/saf/hum)

Shared: