Ikuti Refleksi APHTN-HAN Jatim, Dosen FH UMM Beberkan Pentingnya Kolaborasi

Senin, 22 November 2021 03:30 WIB

Malang (22/11) - Asosiasi Pengajar Hukum tata Negara-Hukum Administrasi Negara atau yang lazim dikenal dengan APHTN-HAN Jawa Timur kembali mengadakan agenda rutinan bertajuk refleksi akhir tahun. Kali ini, Tulungagung dipilih sebagai tuan rumah dengan UIN SATU Tulungagung di daulat menjadi panitia lokalnya.

Dalam agenda rutinan tersebut, FH UMM secara rutin mengirimkan delegasinya. Kali ini, FH UMM mengirimkan 3 orang delegasi, yaitu Dr. catur Wido Haruni, Bayu Dwi Widdy Jatmiko, M.Hum dan Sholahuddin Al-Fatih, MH.

Serangkaian giat refleksi akhir tahun APHTN-HAN Jatim di Tulungagung berlokasi di UIN SATU Tulungagung dan Hotel Narita Tulungagung. Di UIN Satu Tulungagung, peserta refleksi akhir tahun mengikuti seminar nasional dengan tema Penguatan Kelembagaan Pemerintahan Desa dalam Konteks Pembangunan Nasional yang dihadiri oleh Dirjen KemendesPDTT, Menparekraf, akademisi dan praktisi.

"Acaranya menarik. Ternyata potensi desa di Indonesia sangat luar biasa. Kalo di Malang Raya ada desa Pujon Kidul, di Tulungagung ada desa Kendal Bulur dan Nangkula Park-nya. Ternyata kuncinya kolaborasi." Ungkap Fatih, dosen FH UMM peserta refleksi akhir tahun

Selain seminar dan webinar nasional, agenda refleksi akhir tahun juga diisi dengan sharing antar korwil dan berbagi gagasan. Beberapa delegasi dan korwil menyoroti pentingnya kolaborasi antar institusi untuk membangun Jawa Timur dan Indonesia secara umum.

Agenda refleksi berakhir dengan diskusi santai sekaligus jalan-jalan di Nangkula Park, Desa Kendal Bulur, salah satu desa wisata yang bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa di sekitarnya. (saf/hum)

Shared: