KESI FH UMM: Edukasi Hukum untuk Influencer Gen-Z

Kamis, 02 Februari 2023 19:15 WIB

Malang (2/2) - Fenomena perkembangan media sosial dan beragam trennya, kadang memberikan dampak positif, namun juga kadang menyimpan efek negatif. TikTok, Instagram, Twitter dan beragam media sosial lainnya, dimanfaatkan oleh Generasi-Z (Gen-Z), tidak hanya sebagai sarana belajar, namun juga sebagai hiburan. Sayangnya, banyak konten tak senonoh, mengandung unsur SARA dan berpotensi melahirkan jerat pidana, bagi yang tak aware dalam bersosial media.

Prihatin atas keadaan demikian, FH UMM memberikan pelatihan bertajuk Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI) dengan skema kursus Edukasi Hukum bagi Influencer Gen-Z. Bertempat di Aula GKB IV Lt. 9, sekitar 100 peserta yang merupakan siswa SMA di Wilayah Malang Raya, hadir untuk mengikuti course tersebut.

"Jka dulu orang dihukum karena berkelahi, mencuri dan sebagainya, sekarang orang bisa dihukum karena posting di medsos, memberikan komentar nyinyir dan sejenisnya. Pergeseran dan fenomena ini tidak terelakkan. Kita yang harus mawas diri. Hati-hati dengan konten yang kita unggah, hati-hati dengan komentar yang kita tulis." Ungkap Sholahuddin Al-Fatih, salah satu narasumber KESI

Selain Fatih, begitu ia biasa disapa, beberapa dosen FH UMM juga didapuk sebaga narasumber, seperti; Isdian Anggraeny, M.Kn (Memahami Perlindungan Hak Cipta untuk Konten) dan Cholidah, MH., (Memahami Regulasi UU ITE).

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti agenda tersebut. Beberapa diantaranya, membagikan momen KESI melalui media sosial mereka, via fitur story di Instagram. Melalui course tersebut, diharapkan para Gen-Z lebih waspada dan bisa menjadi seorang infulencer ataupun sekedar penikmat konten yang santun dan bermoral. (saf/hum)

Shared: