KESI FH UMM: Pendidikan Pengacara Muda Keluarga, Cetak Generasi Muda yang Peduli terhadap Keluarga

Minggu, 05 Februari 2023 04:20 WIB

Malang (5/2) - Kasus KDRT dan beragam problematika rumah tangga kembali menjadi buah bibir. Generasi muda, cenderung apatis, acuh tak acuh, padahal mereka merupakan kelompok rentan terdampak ketidakharmonisan dalam keluarga.

Prihatin atas keadaan demikian, FH UMM memberikan pelatihan bertajuk Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI) dengan skema kursus Pendidikan Pengacara Muda Keluarga. Bertempat di Aula GKB IV Lt. 9 (2/2), sekitar 100 peserta yang merupakan siswa SMA di Wilayah Malang Raya, hadir untuk mengikuti course tersebut.

"Anak muda ini kunci perubahan. Melalui anak muda, konflik dalam rumah tanggga bisa diselesaikan. Para anak muda inilah yang jadi mediator, untuk orang tua mereka yang bertengkar, tetangga mereka yang tidak harmonis dan segala bentuk permasalahan keluarga lainnya." Ungkap Syariful Alam, M.HI, salah satu narasumber KESI, yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantern Samudra Ilmu.

Selain Gus Alam, begitu ia biasa disapa, beberapa dosen FH UMM juga didapuk sebaga narasumber, seperti; Dwi Ratna Indri Hapsari, M.H (Memahami Beragam Profesi Hukum) dan Nur Putri Hidayah, M.H., (Memahami Lingkungan Peradilan di Indonesia dan Pilihan Penyelesaian Sengketa).

Para peserta terlihat enjoy dan menikmati acara KESI tersebut. Melalui agend atersebut, FH UMM mencoba mengenalkan profesi advokat sekaligus membekali para generasi muda, agar bisa menjadi problem solver atas permasalahan rumah tangga di sekitar mereka. (saf/hum)

Shared: