Sah, Melalui Kebijakan Ekuivalensi Kini Mahasiswa FH UMM Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Rabu, 20 April 2022 08:29 WIB

Malang (20/4) - Tiada prestasi yang tidak dihargai. Begitulah slogan yang sering digaungkan di lingkungan UMM, tidak hanya bagi dosen dan karyawan, tapi pastinya juga berlaku untuk mahasiswa. Kini, melalui slogan tersebut, FH UMM berupaya mengapresiasi prestasi akademik mahasiswa yang berhasil mempublikasikan karya ilmiah mereka di Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Internasional Bereputasi.

Melalui Surat Keputusan Dekan FH UMM Nomor 6 Tahun 2022 tentang Ekuivalensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa Fh Ke Dalam Kegiatan Kurikuler, kini mahasiswa FH UMM sudah bisa lulus tanpa harus mengerjakan skripsi lagi.

"Kita berlakukan 5 tingkatan kategorisasi jurnal, mulai dari SInta 5-6 hingga jurnal terindeks Scopus ataupun WoS. Nantinya akan diekuivalensi dengan nilai matkul MPH ataupun nilai TA tanpa skripsi." Ungkap Nur Putri Hidayah, A.Md., SH., MH., Sekprodi FH UMM, dalam agenda sosialisasi ekuivalensi karya ilmiah mahasiswa (19/4), kemarin.

Lebih lanjut, Putri menambahkan bahwa mahasiswa yang akan melakukan klaim atas artikel ilmiah mereka, bisa mengisi form ekuivalensi yang sudah disediakan oleh Prodi. Kemudian form tersebut dilengkapi dengan bukti pendukung seperti artikelnya, screenshot dashboard OJS hingga bukti pendukung yang relevan lainnya. Selanjutnya form dan bukti pendukung diserahkan ke Prodi untuk dinilai kelayakan dan ditetapkan ekuivalensinya.

Diharapkan melalui kebijakan tersebut, akan lebih banyak mahasiswa yang bisa lulus tepat waktu dan meningkatkan jumlah publikasi FH UMM serta sitasi artikel, yang bisa berdampak pada nilai ranking institusi dalam beberapa pemeringkatan nasional dan internasional (saf).

Shared: