Sharing Pengalaman Kelola Jurnal, Bestuur FH UNS Studi Banding ke Legality FH UMM

Minggu, 10 Oktober 2021 19:07 WIB

Malang (11/10) - Jurnal ilmiah menjadi kebutuhan primer bagi akademisi. Sayangnya, tak banyak yang pahammengenai seluk beluk di balik pengelolaan jurnal ilmiah tersebut. Termasuk behind the scene dari dapur redaksi Legality: Jurnal Ilmiah Hukum milik FH UMM. Untuk bisa lebih mengenal dan sharing pengalaman dalam pengelolaan jurnal atau Terbitan Berkala Ilmiah (TBI), pengelola Bestuur, Jurnal Ilmiah Terakreditasi Sinta 2 milik FH UNS, melakukan studi banding ke Legality FH UMM.

Bertempat di Ruang Sidang FH UMM (9/10), rombongan dari Bestuur diterima langsung oleh Wakil Dekan I FH UMM, Dr. Catur Wido Haruni dan Editor in Chief Legality, Sholahuddin Al-Fatih, MH. Agenda sharing berlangsung gayeng dengan tetap menerapkan prokes ketat.

"Mengelola jurnal itu tidak mudah, kami ingin belajar, terutama melihat proses artikel via OJS (Open Journal System). Terlebih mempertahankan kualitas, karena Legality ini sudah terbitan Volume ke 29. Artinya sudah 29 tahun Legality ini eksis dan memberikan khazanah keilmuan serta novelty bagi perkembangan ilmu hukum di Indonesia dan dunia." Ungkap Dr. Abdul Kadir Jaelani, Editor Bestuur.

Lebih lanjut, kedua belah pihak sepakat untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan melakukan MoU dan/atau MoA terkait pengembangan dan peningkatan standar kualitas TNI diantara kedua institusi. Diharapkan melalui kesepakatan dan kerjasama tersebut, akan semakin meningkatkan kualitas TBI dan menjadikannya dalam waktu dekat meraih akreditasi dan rekognisi internasional bereputasi seperti Scopus atau Web of Science. (saf/hum)

Shared: