Totalitas Mengabdi, Dosen FH UMM Terpilih Jadi Ketua Ombudsman RI

Senin, 01 Februari 2021 20:34 WIB

Malang (1/2) - Serangkaian proses seleksi dan penjaringan kepengurusan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) telah berakhir pada 28 Januari 2021 lalu. Melalui rapat tertutup Komisi II DPR RI, dosen FH UMM, Mokhammad Najih, P.hD, terpilih sebagai Ketua ORI periode masa jabatan 2021-2026.
 
Perjalanan karir Mokh. Najih memang cukup cemerlang. Alumnus Universiti Kebangsaan Malaysia ini seringkali terlibat dalam beberapa keanggotaan profesi dan menduduki jabatan penting. Mokh. Najih juga tercatat sebagai salah satu founder dari Malang Corruption Watch (MCW), organisasi masyarakat yang mengawasi kasus korupsi di Malang Raya. 
 
Di lingkungan UMM, selain pernah beramanah sebagai Dekan FH UMM, amanah terakhir Mokh. Najih saat ini adalah Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum (MIH) DPPS UMM. Di bawah kepemimpinan Mokh. Najih, Prodi MIH UMM berhasil mempertahankan akreditasi A untuk periode masa akreditasi 2020-2025. Tak banyak Prodi MIH di Indonesia yang bisa mendapatkan akreditasi A tersebut.
 
Tak hanya sebagai Kaprodi MIH, Mokh. Najih juga beramanah sebagai Ketua Bidang Skema Sertifikasi di LSP UMM. Bersama LSP UMM, Mokh. Najih berperan besar dalam mengidentifikasi skema sertifikasi yang tepat untuk para lulusan UMM.  Di luar kampus, aktifitas Mokh. Najih juga terlihat cukup dominan dalam kepengurusan di ormas Muhammadiyah, baik di tingkat Pimpinan Pusat hingga ranting di sekitar tempat tinggalnya.
Segudang pengalaman berorganisasi dan beramanah di berbagai lembaga tersebut akhirnya mengantarkan Mokh. Najih sebagai Ketua ORI. Mokh. Najih berpesan agar didoakan untuk bisa menunaikan amanah tersebut dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab.
 
"Salam sehat selalu, Terima kasih dukungan dan doanya. Semoga tugas ini dapat ditunaikan dengan penuh amanah dan keikhlasan. Barakallahu fii jami'an." Ungkap Mokh. Najih melalui balasan pesan singkat Whatsapp. 
Dengan terpilihnya Mokh. Najih, P.hD sebagai Ketua ORI, tercatat saat ini setidaknya ada 2 dosen FH UMM yang beramanah dalam kepemimpinan publik. Selain Mokh. Najih, sebelumnya ada Sumali, MH., yang beramanah sebagai Hakim Tipikor di Denpasar. Bali. Kepemimpinan publik merupakan wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. (saf/hum)

Shared: